Jika Naik Bis Primajasa, Bayarlah Dengan Uang Pas

Bis Primajasa (Photobucket)
Senin malam, (26/03/2012), saya menggunakan jasa angkutan bis Primajasa route Tasikmalaya- Jakarta (Lebak Bulus) dengan  nomor kendaraan  B 7281 7 ZY berangkat dari pool Primajasa di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Tidak lama setelah saya berangkat dari pool Primajasa sekitar pukul 21.15 WIB, kondektur meminta biaya perjalanan dengan tarif Rp. 40.000,-. Kebetulan uang yang saya serahkan kepada kondektur sebesar Rp 50.000,-, jadi seharusnya saat itu juga kondektur mengembalikan uang Rp. 10.000, - kepada saya. Akan tetapi, dengan alasan belum ada uang kembalian, kondektur mengatakan akan mengembalikannya nanti setelah menagih penumpang yang lain.

Ketika saya perhatikan, setelah kondektur selesai menagih penumpang, kondektur tersebut belum juga memberikan sisa kembalian. Bahkan, hingga bis Primajasa sampai di Terminal  Lebak Bulus (Jakarta) pukul 02.25 WIB, kondektur tampak acuh. Setelah saya turun dan  menanyakan sisa kembalian, kondektur tersebut baru memberikan sisa kembaliannya. Tentu saja, dengan meminta kepada saya untuk menunjukkan tiket yang saya dapatkan saat berangkat.

Hal ini adalah peristiwa yang terjadi untuk kesekian kalinya yang dialami saya dan mungkin pengguna jasa angkutan primajasa lainnya, yaitu sisa pengembalian pembayaran tarif  yag sengaja ditahan oleh kondektur hingga sampai di tempat tujuan. Mungkin terlihat sepele dan tak seberapa, tapi jika dilakukan berulang-ulang, bukakah ini dinamakan sebagai bentuk modus penipuan yang dilakukan kondektur dengan memanfaatkan kelelahan penumpang?

Melalui tulisan ini, saya berharap pihak Manajemen PT Primajasa Perdana Raya Utama dapat memperbaiki sistem pelayanannya dengan memberikan regulasi yang jelas kepada karyawannya untuk menghindari praktek-praktek terselubung yang dilakukan oleh kondektur-kondektur nakalnya. Dan, untuk para penumpang bis Primajasa, biasakan bayar tiket dengan uang pas.

Mustafid Sawunggalih

2 comments

Anonim 29 Maret 2012 05.43

Benar bgt kawan,,bnyk terjadi hal2 demikian..dan rasa lelah,jg kadang lupa..atw bahkan mgkn krn kondekturnya berwajah serem dan pura2 tidur si penumpang yg bersangkutan males menagih kembalian.atw mgkn ia shadaqoh secara trerpaksa daripada ribet.

Auto Girl 1 April 2012 18.56

Hallo ... I love that you give valuable info in your article, this may be beneficial to all. I will bookmark your blog and check back here regularly. I'm pretty sure I will learn many new things here! Good luck

Poskan Komentar