Generasi Muda Sunda Harus Jadi Pemimpin







Senin, 02 November 2009 16:23
Jakarta – Ketua Umum Badan Musyawarah Masyarakat Sunda (Bammus) Pusat Adang Daradjatun, menegaskan generasi muda Sunda wajib menunjukkan kemampuan menjadi pemimpin di setiap organisasi.

Pernyataan tersebut disampaikan Adang, ketika menjadi pembicara dalam Pelatihan Kepemimpinan Putra Sunda VII di Wisma Kujang, Cikampek, Senin (2/10). “Anak-anak muda Sunda harus berani mengemban tugas dan tanggung jawab besar menjadi pemimpin di setiap organisasi. Dengan menjadi pemimpin maka kemampuan akan terasah dalam menyelesaikan berbagai masalah dan memimpin organisasi,” tutur Adang di acara yang digelar oleh Gerakan Masyarakat (Gema) Jawa Barat.

Adang menambahkan, dia tidak menginginkan generasi muda saat ini, hanya mau menerima saja. Namun juga harus juga menunjukkan kemampuan, dengan menciptakan inovasi di berbagai bidang. Sehingga kemampuang urang Sunda, akan semakin banyak muncul di tingkat nasional dalam memberikan kontribusi kepada bangsa dan Negara.

Selain itu, Adang yang juga anggota DPR RI ini menjelaskan, langkah dalam memupuk kepemimpinan adalah dengan menyiapkan diri berorganisasi mulai dari organisasi di tingkat lokal hingga nasional.

“Misalnya bagaimana menjadi ketua di Karang Taruna tingkat RT, seperti RT 6, maka kemudian di situ Anda harus bisa menunjukkan kemampuan dalam menciptakan kegiatan-kegiatan,” tambahnya.

Selain itu, memiliki visi dan strategi, kemudian dengan disiplin menerapkannya dalam tindakan nyata. Hal itu menjadi jalan pembuka dalam mencapai hasil yang diharapkan dari visi yang ada di pribadi seorang pemimpin.

“Memang tidak akan mudah dalam menerapkan visi dengan disiplin, akan banyak halangan, namun bila konsisten maka akan terwujud,” tuturnya.

Peserta Antusias

Dalam sesi kepemimpinan nasional yang dipresentasikan oleh Ketua Umum PABBSI ini, para peserta begitu antusias berdialog. Dari empat sesi tanya jawab yang dilemparkan, para peserta saling adu cepat mengacungkan tangan untuk bertanya. Pertanyaan yang beragam dari masalah kepemimpinan nasional hingga peran politik Adang di kancah politik nasional.

Sumber: http://www.adangdaradjatun.com

Leave a respond

Posting Komentar