Seputar Berita Gempa di Banjarsari Ciamis


Camat Banjar Sari Sesalkan Bantuan Pengungsi Tak Diprioritaskan

Kamis, 03/09/2009
Ciamis - Camat Banjar Sari, Kabupaten Ciamis, menyesalkan bantuan dari pemerintahan kabupaten yang belum kunjung tiba. Ia berharap fokus pemerintah tidak hanya diprioritaskan untuk korban tewas, namun juga untuk para pengungsi di desa Sindang Jaya dan sekitarnya.

"Pemerintah kabupaten Ciamis hanya menjanjikan besok bantuan berupa beras, alasannya hanya prioritas yang meninggal dulu. Jadi yang lain baru besok," terang Camat Banjar Sari, Yuga Swara, di Banjar Sari, Ciamis, Kamis (3/9/2009) malam.

Yuga mempertanyakan mengapa bantuan untuk para pengungsi tidak segera diberikan. "Untuk warga yang mengungsi karena rumah rubuh baru besok disuplai. Kenapa tidak diberikan bantuan sesegera mungkin?" protesnya.

Menurut Yuga, selimut, tenda, makanan, dan perlengkapan lainnya sangat diperlukan oleh para pengungsi. Sejauh ini, baru relawan Budha Tzu Chi yang menengok para pengungsi. Bantuan dari NGO Taiwan itu diperkirakan akan tiba malam ini.

Sumber: http://www.detiknews.com/read/2009/09/03/214424/1196252/10/camat-banjar-sari-sesalkan-bantuan-pengungsi-tak-diprioritaskan

Dilewati Bupati Tanpa Dapat Bantuan, Warga Banjarsari Ciamis Mengeluh

Kamis, 03 September 2009 | 21:33 WIB
Warga Dusun Kedung Banteng, Desa Sindangasih, Kecamatan Banjarsari, Ciamis yang jadi korban gempa mengeluh karena tidak diberi bantuan sama sekali oleh Pemkab Ciamis. Puluhan warga yang rumahnya hancur berteduh di tenda seadanya buatan sendiri.

Mereka kecewa karena Bupati Ciamis Engkon Komara hanya melewati desa mereka saja saat menuju Desa Sadang dan Sirapuan. Padahal desa mereka pun juga mengalami kerusakan cukup parah.

"Kok Pak Bupati cuma lewat sih, nggak mampir?" kata Rukmini (63), yang rumahnya rusak total akibat gempa.

Di dusun tersebut ada 15 rumah yang rusak parah. Sedangkan di Desa Sindangasih sendiri terdapat 109 rumah rusak berat dan 230 rumah rusak ringan serta 3 musala rusak.

Warga yang belum mendapat bantuan sama sekali dari pihak manapun itu hanya mengandalkan apa yang mereka miliki. Saat berbuka puasa mereka lalui di halaman rumah dengan berteduh tenda seadanya.

Sumber: Detiknews.com

Leave a respond

Posting Komentar