Korupsi di Pemkab Ciamis

Polda Jabar Periksa 11 Pejabat, Korupsi di Pemkab Ciamis

Jumat, 17 Apr 2009

Sat Tipikor Polda Jabar saat ini melakukan penyelidikan adanya dugaan tiga kasus korupsi yang terjadi di lingkungan Pemkab Ciamis. Ketiga kasus tersebut antara lain dana bantuan hibah pemindai untuk 100 sekolah senilai Rp 2 miliar, pengadaan alat kesehatan flu burung di RSU Kab. Ciamis, dan kasus ketiga, yakni penyalahgunaan bantuan dari Pemkab Ciamis untuk KONI Kab. Ciamis.

Ketiga dugaan kasus korupsi di Pemkab Ciamis itu membuat negara mengalami kerugian belasan miliar rupiah. Untuk kasus bantuan hibah pemindai di 100 sekolah, modus yang dilakukan, yaitu dengan melakukan mark-up harga dari Rp 7,5 juta menjadi Rp 20 juta per unit.

Sedangkan modus dalam kasus pengadaan alat kesehatan flu burung, yaitu dengan penggelembungan harga alat-alat kesehatan. Di samping pengaturan tender dalam pengadaan alat kesehatan tersebut. Kasus lainnya, yaitu dana bantuan untuk KONI Kab. Ciamis dari APBD tahun anggaran 2007 sebanyak Rp 3 miliar.

Kapolda Jabar, Irjen Pol. Timur Pradopo melalui Kasat Tipikor, AKBP Sony Sonjaya, Kamis (16/4), membenarkan, pihaknya sedang menangani kasus tersebut. Saat ini sedikitnya 11 pejabat Pemkab Ciamis telah diperiksa untuk penyelidikan. (B.109)** (sumber:galamedia)

Leave a respond

Posting Komentar