Jama'ah Istighosah Al-Karomah Sukorejo Kendal

Jamaah Istighosah Al-Karomah merupakan majlis dzikir yang berpusat di Padepokan Ki Bodo Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah. Jamaah Istighosah mulai dirintis tahun 1993 oleh R. Ng. Abi Mansyur (Ki Bodo) dan Ki Santri (Drs. Gigik Kusiaji).

Kini, jamaah Istighosah Al-Karomah telah menyebar di seluruh Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, bahkan Manca Negara. Tercatat, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Srilanka, Mekkah, Jeddah, Irak, Baghdad, dan beberapa negara lainnya.

Menurut Ki Santri, jamaah Al-Karomah sebenarnya sudah ada sejak dulu, jauh-jauh hari sebelum adanya Thariqot, yaitu sejak zaman Sayidina Ali. Pada waktu itu, Sayidina ‘Ali atas petunjuk Rosululloh, SAW diperintahkan langsung untuk membentuk perkumpulan Majlis Dzikir Al-Karomah. Bahkan, ulama sepuh menyebut Al-Karomah merupakan ibunya Thariqot.

Alkaromah berarti kemuliaan, dengan adanya jamaa’ah istighosah Al-Karomah diharapkan manusia bisa kuat iman dan ibadahnya, diselamatkan dari bencana menuju manusia yang sempurna lahir batin.

Dibawah ini adalah alah satu falsafah yang diajarkan oleh Padepokan Ki Bodo:

CATUR KODRAT MANUNGSO

BODO    =    OJO RUMONGSO PALING PINTER      
INO        =    OJO RUMONGSO PALING MULYO      
LUPUT   =    OJO RUMONGSO PALING BENER      
APES      =    OJO RUMONGSO PALING AMPUH   
DASARING URIP

KANG NDUWENI URIP - GUSTI ALLOH
KANG NGURIP-URIPI - BOPO LAN BIYUNG
KANG NDUDUHAKE DALAN URIP - GURU LAN PORO ROSSUL   
SAMPURNANING URIP KANG SAMPURNO
ELING LAN NGABEKTI MARANG KANG NDUWENI URIP
ELING LAN NGABEKTI MARANG KANG NGURIP-URIPI
ELING LAN NGABEKTI MARANG KANG NDUDUHAKE DALAN


1 comment

Azhaam 11 Oktober 2013 pukul 13.51

matur nuwun sangget atas bimbingan dari paedepokan kibodo semoga kami yang tergabung dalam jama'ah al karomah selalu dirindhoi oleh ALLAH SWT

Posting Komentar