Putra Terbaik Banjarsari Drs. Rd. H. Hidayat Suryalaga Wafat

Jawa Barat dan Negara Kehilangan Pemikir Kasundaan

RETNO HY/"PRLM"
RETNO HY/"PRLM"
Keluarga besar Drs. Rd. H. Hidayat Suryalaga menabur bunga diatas pusaran seniman budayawan dan tokoh sunda yang dimakamkan di TPU Sindangasih tidak jauh dari rumahnya di Komp Sindangasih, RT 05 RW 06, Kel. Sindangjaya, Kec. Mandalajati, Kota Bandung, Sabtu (25/12) siang.
 
BANDUNG, (PRLM).- Kepergian seniman, budayawan dan tokoh Sunda (Jawa Barat), Drs. Rd. H. Hidayat Suryalaga bin Rd. Oesman Sadli, merupakan kehilangan besar tidak hanya bagi Jawa Barat khususnya tetapi juga bagi negara. Selama ini almarhum tidak hanya bertindak sebagai pelaku seni maupun budayawan Sunda, tetapi juga sebagai seorang pemikir masalah sosial budaya, lingkungan, hingga pemerintahan dari sudut pandang Kasundaan.

Demikian dikatakan sejumlah seniman, budayawan dan tokoh masyarakat Jawa Barat yang hadir melayat ke rumah duka di Komp. Sindangasih, Jalan Sindang Asih V RT 05 RW 06, Kel. Sindangjaya, Kec. Mandalajati, Kota Bandung, Sabtu (25/12). “Bukan hanya kita sebagai warga Jawa Barat, negarapun kehilangan seorang tokoh Sunda yang banyak sumbangsih pemikiannya akan Kasundaan,” ujar politikus Tjetje Padmadinata, saat memberikan sambutan.

SelainTjetje Padmadinata, rasa kehilangan juga diungkapkan Us Tiarsa, Uu Rukmana (Wakil Ketua DPRD Jabar), Prof. Dr. H.M. Didi Turmudzi, (Rektor Universitas Pasundan), H.A. Syafei (Sesepuh Paguyuban Pasundan), Kadisparbud Jabar, Ir. H. Herdiwan Iing Suranta, Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jabar, Setiawan Wangsaatmaja, dan warga sekitar.

“Ini merupakan kehilangan bagi masyarakat Sunda, setelah Ayat Rohaedi, Edi S Ekajati, Ema Bratakusumah, kini Kang Hidayat (Hidayat Suryalaga),” ujar Us Tiarsa yang sejak tahun 1963 bersama-sama mendalami masalah Kasundaan dan kini merasa sendiri tidak ada teman untuk berbagi lagi.

Almarhum Drs. Rd. H. Hidayat Suryalaga bin Rd. Oesman Sadli, kelahiran Banjarsari Ciamis, 16 Januari 1941, dipanggil Yang Maha Kuasa pada Sabtu (25/12) sekira pukul 00.17 WIB di RS Santo Yusuf. Almarhum menderita batuk-batuk disertai sakit perut, hingga mengeluarkan darah.

Diantar rekan-rekan, handai taulan dan masyarakat Komp Sindangasih, RT 05 RW 06, Kel. Sindangjaya, Kec. Mandalajati, Kota Bandung, setelah dishalatkan di Mushola Ibrahim, almarhum dikebumikan di TPU Sindangasih yang hanya berjarak sekira 100 meter dari rumahnya. Semoga amal ibadah almarhum diterima disisiNya dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan. (A-87/das)***


Judul Asli:  Drs. Rd. H. Hidayat Suryalaga Wafat 

Leave a respond

Posting Komentar