Belum Ada Penerus Hidayat Suryalaga



BANDUNG, TRIBUN - Beberapa tokoh Sunda mengatakan hingga sekarang belum terlihat sosok penerus budayawan HR Hidayat Suryalaga yang banyak menggeluti budaya Sunda dan agama Islam.

Hal itu antara lain dikatakan Uu Rukmana dan Tjetje Hidayat Padmadinata dalam sambutannya sebelum almarhum Hidayat dimakamkan, di rumah duka Kompleks Sukaasih V Atas No 2  RT 05/06, Kelurahan Sindangjaya, Kecamatan Mandalajati, Ujungberung, Bandung, Sabtu (25/12).

Wakil Ketua DPRD Jabar yang juga sebagai tokoh Sunda, Uu Rukmana, mengatakan, selama hidupnya, almarhum selalu membuat senang orang-orang di dekatnya. Karya-karyanya juga mampu membuat banyak orang senang. Karenanya, ia berharap ada sosok muda yang mampu meneruskan karya-karyanya.

"Sekarang daya Sunda menilai masih belum ada yang seperti Kang Dayat. Somaga ke depan ada yang meneruskan karya-karya Kang Dayat yang sudah banyak karyanya dan menjadi sebagai guru," kata Uu dalam bahasa Sunda di rumah duka, Sabtu (25/12).

Menurut Tjetje Hidayat, almarhum semasa hidupnya menjadi tempat bertanya soal Sunda purwawiwitan.

Beberapa tokoh yang hadir melayat ke rumah duka antara lain Rektor Unpas Prof Dr Didi Turmuji, Kadisparbud Jabar Herdiwan, Kepala BPLHD Jabar Setiawan Wangsaatmaja, dan Acil Bimbo. (ddh)

Sumber: http://www.tribunjabar.co.id/read/artikel/37580/belum-ada-penerus-hidayat-suryalaga

Leave a respond

Posting Komentar