Kalender Event Wisata Ciamis

  • JANUARI
  • Upacara Adat HAJAT BUMI

    Merupakan Penyelenggaraan upacara tradisional masyarakat petani, sebagai ungkapan rasa syukur padaTuhan YME yang telah memberikan limpahan rizki atas panen yang mereka dapat pada tahun ini
    dan yang akan datang.

    Tempat Pelaksanaan : Desa Jagabaya, Desa Sagala Herang, Desa Sukadana, Desa Kertajaya, Desa Kerta Harja.

    Upacara Adat HAJAT LAUT

    hajat laut

    Ratusan perahu dengan berbagai warna dan ornamen ditambah dengan berbagai umbul-umbul ikut mengiringi perahu pengangkut joli atau dongdang yang berisi bermacam sesaji dalam kegiatan syukuran atau hajat laut.

    Kegiatan hajat laut dimaksudkan sebagai ungkapkan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Mahaesa yang telah memberikan berkah serta keselamatan terhadap nelayan. Selain itu, kegiatan yang sudah dilakukan secara turun-temurun tersebut menjadi ajang silaturahmi antar nelayan. Sekaligus juga sebagai langkah ikut melestarikan kebudayaan masyarakat nelayan.

    Tempat Pelaksanaan : Muaragatah dan Legok Jawa Cimerak, Bojong Salawe, Bagolo, Majingklak, Batukaras,
    Pangandaran.

    • PEBRUARI

    Hobbies EXPO

    Hobbies Expo merupakan ajang gelaran Pameran dan Bursa para penggemar (Hobbies) Aneka Tanaman, Satwa, Ikan Hias dll, dengan tujuan untuk menambah serta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap berbagai jenis tanaman dan satwa.

    Dengan adanya Pameran Hobbies Expo ini diharapkan akan memacu kesadaran masyarakat dalam merawat dan menjaga alam flora maupun fauna dilingkungannya. disamping itu gairah perekonomian pada masyarakat sekitar akan meningkat secara signifikan.

    Tempat Pelaksanaan : Taman Raflesia Alun-alun Ciamis

    Upacara Adat NYUGUH

    nyuguh

    Sesuai warisan leluhur, acara nyuguh itu harus dilakukan di pinggir Sungai Cijolang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap, Jateng. Pernah satu kali acara nyuguh tak dilaksanakan, tiba-tiba seluruh kampung mendapat musibah. Padi yang siap panen rusak parah, sedangkan sejumlah hewan ternak ditemui mati menggelepar. Warga menyakini kerusakan itu terjadi karena “utusan” Padjadjaran itu tidak disuguhi makanan. Alhasil mereka pun mencari makanan sendiri dengan cara merusak kampung.

    Adapun perjalanan ke Sungai Cijolang sekitar lima kilometer. Kini, Pak Kuncen pun kembali memulai ritual.
    Doa kembali dipanjatkan sebelum warga menyantap makanan yang tersedia. Setelah berdoa, seluruh warga kemudian menyantap makanan yang dibawa dari kampung. Makanan khas yang harus ada setiap upacara.

    Tempat Pelaksanaan : Kampung Kuta Kecamatan Tambak Sari

    • MARET

    Upacara Adat JAMAS PUSAKA

    jamas pusaka

    Merupakan upacara membersihkan/memandikan benda-benda pusaka peninggalan nenek moyang Raja-raja Galuh(ciamis) yang asli berasal dari Kabupaten Ciamis.

    Pada masa kerajaan Pajajaran raja-raja galuh banyak memiliki benda pusaka yang digunakan untuk melawan penjajah yang ingin menguasai tanah pasundan. Agar benda pusaka tersebut tetap terpelihara maka pada setiap bulan maulud masyarakat jambansari yang masih mempunyai kekerabatan dengan raja galuh atau yang memiliki benda pusaka masa peninggalan raja galuh, melakukan ritual ‘jamas pusaka’ membersihkan benda pusaka.

    Tempat Pelaksanaan : JambanSari Ciamis


    Nyangku

    Prosesi adat, penghargaan kepada leluhur Panjalu dengan memberikan Pusaka dan Larung Saji

    Tempat Pelaksanaan: Objek wisata Situ Lengkong Panjalu


    Upacara Adat BABARIT

    Upacara babarit atau disebut pula salametan bumi ini digelar setiap tahun pada bulan Maulud. “Ini adalah bentuk ungkapan rasa syukur dan terima kasih warga Kampung kepada Yang Maha Kuasa karena telah memberikan berkah dan keselamatan,”

    Upacara ini dipimpin sesepuh desa yang dikenal sebagai Bapak Kokolot. Pemuka desa ini biasanya duduk menyendiri di ujung barisan. Sebuah tempat pembakaran kemenyan, atau disebut parupuyan, dan sesajian diletakkan di hadapannya. Sebelum acara doa bersama dimulai, Bapak Kokolot membakar kemenyan di pedupaan dan membacakan doa- doa dalam bahasa Sunda.

    Upacara dilanjutkan dengan penyampaian maksud dan tujuan acara serta siapa-siapa tokoh warga yang dihadirkan. Disusul dengan penyampaian secara ringkas tentang sejarah dan tradisi daerah setempat serta mengucapkan terima kasih dan permohonan kepada Tuhan agar warga Kampung dan seluruh
    masyarakat di Indonesia diberikan keselamatan dan berkah.

    Tempat Pelaksanaan: Kecamatan Banjarsari Ciamis

    Upacara Adat MUHARAMAN

    Merupakan Kegiatan Ritual masyarakat, tradisi yang dilaksanakan pada bulan Muharam (bulan islam). Pelaksanaan kegiatan muharaman ini dilakukan oleh masyarakat pada saat akan menanam padi yang dirayakan bersama dengan para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat pada malam hari.

    Tempat Pelaksanaan: Desa Kertajaya, Desa Mangunjaya dan Parigi

    Upacara Adat NGABUNGBANG

    Upacara Adat Ngabungbang merupakan suatu upacara adat ritual yang dilakukan oleh masyarakat buniseuri pada malam bulan purnama(bulan Maulud) setiap tahun.

    Tempat Pelaksanaan : Kecamatan Buniseuri

    Upacara Adat MERLAWU

    Merupakan kegiatan tradisi masyarakat untuk membersihkan makam keramat/leluhur yang telah berjasa. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada bulan Ruwah 7(tujuh) hari sebelum Ramadhan, yang diartikan membersihkan diri(Merlawu) saling memaafkan pada masyarakat sekitar yang ikut hadir dalam acara tersebut.

    Tempat Pelaksanaan : Kertabumi Kecamatan Cijeungjing Situs Gunung Susuru

    • APRIL

    Binojakrama PADALANGAN

    padalangan

    Kegiatan ini merupakan pasanggiri para dalang dalam rangka meningkatkan kreativitas para dalang dalam berkarya dibidang Bijagat Pawayangan yang terdapat di Kabupaten Ciamis.

    Tempat Pelaksanaan : Taman Raflesia Alun-alun Ciamis

    • MEI

    Nyiar Lumar

    Pergelaran kesenian daerah oleh para seniman ciamis dalam rangka meningkatkan daya tarik wisata dan melestarikan kesenian tradisional, pertunjukkan teaterikal Perang Bubat.

    Pasanggiri MOJANG dan JAJAKA

    mojang jajaka

    Merupakan ajang pemilihan duta wisata dari Kabupaten Ciamis yang akan diikut sertakan dalam pemilihan Mojang dan Jajaka Parahiangan Tingkat Jawa Barat di Bandung.

    Dengan adanya MOKA(Mojang dan Jajaka), diharapkan mereka akan menjadi Duta untuk mempromosikan daerahnya (Ciamis) kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

    Tempat Pelaksanaan : Gedung Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis.

    • JUNI

    Hari Jadi Kabupaten Ciamis

    helaran

    Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Ciamis, dengan menampilkan Atraksi Kesenian Rakyat Masyarakat Ciamis.

    Pagelaran Atraksi Seni Budaya

    bebegig

    Pagelaran Kesenian Tradisional dengan menampilkan berbagai kegiatan Atraksi Wisata untuk menggali potensi seni dan budaya yang terdapat di daerah di Kabupaten Ciamis untuk ditampilkan dalam rangka Hari Jadi Ciamis sekaligus merupakan rangkaian Atraksi Wisata yang dapat menghibur wisatawan lokal maupun mancanegara.

    Atraksi seni budaya yang akan ditampilkan diantara; Ronggeng, Lomba Panjat Pinang, Pencak Silat,Lomba Lagu Kenangan, Tari-tarian, Wayang Landung, Atraksi Bebegig(dugig),Pagelaran Wayang Golek, Festival Budaya, Ziarah Budaya, kolaborasi seni daerah dan modern dll.

    Lomba Panjat Pinang

    Atraksi Lomba memanjat pohon pinang yang dilumuri oleh bahan pelicin seperti oli, minyak dll yang membuat peserta mengalami kesulitan untuk memanjat pohon pinang yang diatasnya sudah disiapkan aneka macam hadiah-hadiah menarik.

    Lomba Lagu Kenangan

    Kegiatan ini mengasah kreativitas dari para generasi muda yang memiliki bakat dalam mengalunkan lagu-lagu tempo dulu (kenangan) dan sekaligus juga menghibur masyarakat.

    Festival Ronggeng

    Festival Ronggeng merupakan acara Pagelaran Atraksi wisata yang menampilkan keanggunan para penari-penari (ronggeng) dalam menari mengikuti irama musik dan lagu.

    Pagelaran Wayang Golek

    Untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Ciamis pada malam hari dilaksanakan pagelaran Wayang Golek Giri Harja III, agar seluruh masyarakat dapat lebih terhibur.

    Festival Budaya

    Atraksi Pagelaran Seni Budaya yang di tampilkan oleh para seniman dan para generasi muda yang memiliki kreativitas dalam melestarikan seni budaya daerah khususnya seni sunda.

    Pekan Seni Budaya

    Pekan Seni Budaya merupakan suatu kegiatan Atraksi Wisata untuk menggali potensi seni dan budaya yang terdapat di daerah di Kabupaten Ciamis untuk di tampilkan dalam rangka Hari Jadi Ciamis dan sekaligus merupakan rangkaian Atraksi Wisata yang dapat menghibur wisatawan lokal maupun manca negara yang mendatangi Ciamis sebagai destinasi utama mereka.

    Masing-masing daerah (Desa dan Kecamatan) di Kabupaten Ciamis memiliki potensi kesenian dan
    kebudayaan yang sangat unik dan menarik sehingga layak untuk dapat disajikan dalam gelaran atraksi
    wisata untuk menarik minat wisatawan.

    Atraksi seni budaya yang akan ditampilkan diantara; Ronggeng, Pencak Silat, Tari-tarian, Wayang Landung, Atraksi Bebegig(dugig),kolaborasi seni daerah dan modern dll.

    Tempat Pelaksanaan : Taman Raflesia Alun-alun Ciamis.

    • JULI

    Festival Layang-layang Internasional

    Festival Layang-layang Internasional diikuti peserta dari dalam dan luar negeri dengan menampilkan Kreasi Keindahan Layang-layang, Tarik Ulur, Rokaku, Kite Surf dll.

    Pelaksanaan Festival Layang-layang Internasional akan dimeriahkan oleh berbagai Atraksi Wisata lain seperti; Pangandaran Lautan Scooter, Pemilihan Putra Putri Pariwisata, Kontes Burung Berkicau, Pacuan Kuda, Festival Ronggeng, Kontes Merpati Balap, Kontes Burung Berkicau, Kontes Ternak Domba, Fox Hunting ORARI dll.

    Tempat Pelaksanaan : Kawasan Objek Wisata Pangandaran

    • AGUSTUS

    Peringatan HUT Republik Indonesia

    upacara bendera

    Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, Kabupaten Ciamis Melaksanakan Upacara Bendera Bersama.

    Untuk memeriahkan Hari Jadi Republik Indonesia (HUT RI) ini dilaksanakan juga berbagai Pagelaran Atraksi Seni dan Budaya. (Helaran, Pentas Musik, Parade Musik Merah Putih, Atraksi Singa Lugay, Pagelaran Wayang Golek dll).

    Tempat Pelaksanaan : Taman Raflesia Alun-alun Ciamis

    • SEPTEMBER

    Riak RAMADHAN

    Merupakan kegiatan masyarakat ciamis yang beragama muslim dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

    Musik AKUSTIK RAMADHAN

    merupakan pagelaran pementasan musik daerah dan modern yang bernuansa Islami hasil karya kreativitas para generasi muda ciamis dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

    Pentas SENI TRADISIONAL

    Pagelaran Atraksi Seni Budaya Tradisional hasil dari kreativitas para seniman yang terdapat di Kabupaten Ciamis.

    Tempat Pelaksanaan : Taman Raflesia Alun-alun Ciamis

    Pameran CIAMIS FAIR

    Merupakan kegiatan pameran yang dilaksanakan setiap tahun, dengan maksud untuk mempromosikan potensi daerah dan para pelaku usaha kecil, menengah, besar, koperasi, BUMN, dan BUMD guna memperkuat jaringan pasar serta untuk mempermudah para pelaku usaha lokal agar lebih optimal dalam menjalin kemitraan dengan para buyers maupun investor.

    Tempat Pelaksanaan : Lapangan Lokasana Ciamis

    • OKTOBER

    Wisata LINTAS ALAM / LINTAS BUDAYA

    Wisata Petualangan Mengelilingi Keindahan Objek Wisata yang terdapat di Kabupaten Ciamis, baik itu objek wisata alam, budaya maupun minat khusus.

    Dalam Kegiatan ini para peserta dituntut untuk lebih mempersiapkan mental dan fisik yang tanggung dalam berpetualang menyusuri tempat lokasi objek wisata yang di jadikan arena petualang melintasi keindahan alam.

    Tempat Pelaksanaan : Objek Wisata Ciamis Utara atau Selatan

    Lomba MANCING

    Kegiatan ini merupakan peluang bagi para penggemar memancing untuk menyalurkan hobbinya dan sekaligus sebagai Wisata rekreasi bagi keluarga.

    Tempat Pelaksanaan : Pelabuhan Majingklak (Objek Wisata Ciamis Utara atau Selatan)

    • NOPEMBER

    Pasanggiri LAGU RAKYAT

    Pasanggiri Lagu Rakyat merupakan kegiatan Atraksi seni musik dengan mengalunkan atau menyayikan lagu-lagu daerah (sunda) yang di kolaborasikan dengan musik modern.

    Pasanggiri Pencak Silat

    Pasanggiri Pencak Silat merupakan pagelaran seni beladiri yang dipamerkan masyarakat ciamis dalam menggali kreativitas seni beladiri agar tetap berkembang dan lestari.

    Tempat Pelaksanaan : Gedung Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis

    • DESEMBER

    Penyambutan MALAM TAHUN BARU

    Untuk menyambut Tahun Baru di setiap lokasi objek wisata diadakan aneka hiburan, yang dimeriahkan dengan Pesta Kembang Api.

    Tempat Pelaksanaan : Taman Raflesia Alun-alun Ciamis, Objek Wisata Ciamis Utara dan Selatan.

    Pagelaran WAYANG GOLEK

    Di Objek Wisata Ciamis Selatan (Pangandaran) Penampilan Pagelaran Wayang Golek Giriharja III turut
    memeriahkan Malam Tahun Baru.

    Tempat Pelaksanaan : Ciamis Utara dan Selatan

    Pentas MUSIK TRADISIONAL

    Hiburan pementasan musik tradisional dan modern dipersembahkan untuk menyambut malam Tahun Baru yang dimeriahkan oleh artis-artis ibukota.

    Tempat Pelaksanaan : Taman Raflesia Alun-alun Ciamis, Objek Wisata Ciamis Utara dan Selatan.

    Atraksi RONGGENG AMEN dan RONGGENG GUNUNG

    Atraksi Kesenian Tradisional Masyarakat Pesisir pada siang ataupun malam menyambut tahun baru, melakukan berbagai atraksi tarian Ronggeng yang merupakan suatu atraksi peninggalan budaya masyarakat sekitar kampung nelayan.

    Tempat Pelaksanaan : Objek Wisata Ciamis Selatan (Parigi dan Pangandaran).

    Sumber: http://www.wisataciamis.com/

    Leave a respond

    Posting Komentar