Wagub Dede Yusuf, Dirikan Green Peace Model Jawa Barat





















Jum'at, 17 April 2009
Kapanlagi.com - Inovasi di bidang penyelamatan lingkungan hidup dilakukan Wagub Jawa Barat (Jabar) Dede Yusuf, dengan mendirikan Green Peace model Jawa Barat, dengan nama Balad Kuring.

"Balad Kuring merupakan forum bersama untuk sadar dan peduli lingkungan yang melibatkan seluruh stakeholders. Konsepnya semacam Green Peace ala Jawa Barat," kata mantan aktor laga itu saat pemaparan program di hadapan Menteri Lingkungan Hidup, Rachmat Witoelar di Bandung, Jumat (17/4).

Program ini, menurutnya untuk menyelamatkan lingkungan dari ancaman pemanasan global (global warming) dengan gaya lokal Jawa Barat.

Balad Kuring sendiri adalah bahasa Sunda yang artinya kurang lebih sahabat atau teman kita. Gerakan ini berupa penyelamatan lingkungan, antara lain, kawasan bebas sampah, car free day, sungai bebas polusi, reboisasi, daur ulang sampah dan pengembangan ruang terbuka hijau.

Gerakan pertama Balad Kuring adalah penetapan kawasan bebas sampah di 26 kabupaten/kota. Penetapan kawasan tersebut menjadi wewenang bupati dan wali kota. "Bebas sampah di kawasan itu bukan sehari, tapi selamanya. Secara bertahap jumlah kawasannya diperbanyak," kata Dede Yusuf. (kpl/dar)

Sumber: Kapan Lagi.com

Sekarang kebetulan ada sayembaranya loh, bagi siapa saja yang bisa merekrut 100 orang di Facebook untuk mengikuti cause ngiring Balad Kuring sebelum akhir Mei nanti, akan mendapatkan Kaos Balad kuring Gratis, cuma akan dikenakan Biaya Ongos kirim saja.
Yang penting kita sudah ikut turut serta mendukung Usaha Balad Kuring dalam melestarikan Jawa Barat. Kalau mau Join di Cause ngiring Balad Kuring di Facebook silahkan klik logo Balad kuring diatas, atau bisa juga klik link di bawah ini:

http://apps.facebook.com/causes/270542/56747704?m=5e181486




Leave a respond

Posting Komentar