Engkon Komara Jadi Bupati Ciamis Ke-39


CIAMIS,(PRLM).-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan Senin (6/4) melantik serta mengambil sumpah jabatan Engkon Komara dan Iing Syam Arifin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Ciamis periode 2009-2014. Pasangan yang ketika Pilkada lalu mengusung slogan Hebring itu merupakan bupati ke-39 menggantikan Bupati Sebelumnya Dedi Sobandi yang hanya memangku jabatan selama empat bulan.

Pelantikan yang dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Ciamis, dilakukan pada hari pertama masa tenang kampanye dihadiri sekitar 1.500 undangan. Di antara undangan, tampak sejumlah calon anggota legislatif baik tingkat pusat maupun Provinsi Jabar. Pengamanan juga nampak sangat ketat, ratusan polisi termasuk satuan satwa diterjunkan untuk pengamanan pelantikan.

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Ciamis Jeje Wiradinata berlangsung cukup singkat yakni sekitar satu jam. Sementara itu Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf yang sedianya akan hadir sebagai warga Tatar Galuh, hingga berakirnya pelantikan, tidak tampak.

Gubernur Jabar dalam sambutannya antara lain mengatakan serta mengingatkan bupati terpilih agar melanjutkan serta meningkatkan prestasi yang berhasil dilakukan oleh pejabat sebelumnya. Dengan demikian pembangunan akan semakin terarah.

"Program yang dirasa kurang optimal seperti peningkatan indek kesehatan, daya beli serta pemberdayaan masyarakat desa perlu mendapatkan perhatian lebih sserius. prestasi yang sebelumnya telah diraih pejabat sebelumnya, harus bisa lebih ditingkatkan, sehingga akan dapat membawa manfaat yang lebih besar bagai masyarakat Ciamis," tuturnya. (A-101/A-50)***

http://www.pikiran-rakyat.com/index.php?mib=news.detail&id=68368


Senin, 06 April 2009 , 00:14:00

CIAMIS, (PRLM). - Pasangan Engkon Komara - Iing Syam Arifin dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Ciamis periode 2009 -2014 oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atas nama Menteri Dalam Negeri, Senin (5/4). Pasangan tersebut menggantikan Bupati Ciamis Dedi Sobandi yang hanya memangku jabatan sebagai orang nomor 1 di Tatar Galuh selama empat bulan.

Pelantikan yang dilaksanakan bertepatan dengan masa tenang kampanye tersebut, juga terkesan istimewa sebab untuk pertamakalinya dalam sejarah Priangan, pelantikan bupati dihadiri oleh gubernur dan wakil gubernur sekaligus. Kehadiran Wakil Gubernur Dede Yusuf sendiri sebagai warga asal Tatar Galuh Ciamis.

Pasangan Hebring sendiri berhasil muncul sebagai pemenang dalam pilkada Kabupaten Ciamis yang diikuti lima pasangan. Yakni, dua pasangan calon independen Hatte (Teddy Herdiana - Tarso Dawaminata), dan Addin (Affandi Permana - Koko Komaruddin), serta tiga pasangan yang diusung parpol yaitu Hebring (Engkon Komara - Iing Syam Arifin), Jembar (Jeje Wiradinata - Husin Al Banjari) serta Yoi (Yoyo Cuhaya - Irmand B. Kusumah).

Sementara itu, Dedi Sobandi sendiri dilantik sebagai Bupati Ciamis pada hari Selasa (18/11/2008) oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Dedi sebelumnya adalah Wakil Bupati Ciamis Periode 2004 -2009 berpasangan dengan Bupati Ciamis Engkon Komara yang kemudian mengundurkan diri karena ikut dalam pilkada Ciamis.

Setelah tidak menjabat sebagai bupati, dia mengatakan akan kembali mengurus sejumlah yayasan, dan pondok pesantren di Kec. Bajarsari. Selain itu juga mengatakan akan kembali menggeluti dunia pertanian. "Selain itu juga mengurus LSM. Saya berterima kasih pada masyarakat Ciamis, meskipun tidak begitu lama menjabat, namun saya berharap dapat memberikan hasil positif bagi kemajuan pembangunan Tatar Galuh," belum lama ini.

Sedangkan Engkon Komara menyatakan akan meneruskan sejumlah kebijakan bupati sebelumnya. Untuk pertama dia juga akan kembali melakukan evaluasi serta pendataan tentang apa yang ada di Ciamis setelah ditinggalkan beberapa waktu lalu, saat mengundurkan diri sebagai bupati Ciamis karena mengikuti Pilkada.

"Ibarat kalau motor ya jenis matic saja. Program dan kegiatan yang positif tentunya akan kita teruskan," ujarnya.(A-101/das)***

http://www.pikiran-rakyat.com/index.php?mib=news.detail&id=68261

Leave a respond

Posting Komentar