Mamah Dedeh Rosyidah Syarifuddin Ustadzah Dari Ciamis Yang Lagi Naik Daun


Apakah anda sudah mengenal Mamah Dedeh ?
Berikut sekilas tentang perjalanan Mamah Dedeh.

Mamah Dedeh berasal dari Ciamis tepatnya didaerah Pasir Angin dan dibesarkan dilingkungan Pesantren. Hobi dan kemahiran melukis membuat Dedeh Rosidah Syarifudin bercita-cita menjadi seorang pelukis profesional. Padahal hampir semua keluarganya, dari kakek, nenek, ayah, ibu, kakak, om, tante, dan masih banyak familinya yang lain berprofesi sebagai pendakwah. Konon sang Ayah KH. Sujai (alm) yang juga seorang mubaligh tidak menyetujui dengan cita-citanya, dan dikirimlah Mamah Dedeh remaja ke Jakarta pada tahun 1968, untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Agama Islam Negeri yang sekarang telah berubah namanya menjadi Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah, Ciputat. Menjadi pendakwah sudah dilakoni Mamah Dedeh sejak ia masih duduk dibangku kuliah dengan keliling kampung untuk mensyiarkan agama yang dianutnya.

Pada saat kuliah Mamah Dedeh bertemu dengan idaman hatinya yang bernama Drs. H. M. Syarifuddin yang kelak menjadi pendamping hidupnya. Ternyata sang suami juga anak dari seorang mubaligh di Jakarta yang bernama KH. Hasan Basri yang masih keturunan dari Guru Mughni. Dari hasil perkawinan ini Mamah Dedeh mempunyai 3 orang Putra dan 1 orang putri yang sangat lucu-lucu (hehehe-red). Pada saat sekarang ini Mamah Dedeh juga sudah mempunyai 3 orang cucu yang sudah pasti lucu-lucu dan sangat menggemaskan (hehehe-red)

Pada tahun 1995 Aktivitas dakwah off air dari kampung ke kampung, kota ke kota dan menjadi narasumber di berbagai kelompok pengajian rupanya menarik perhatian almarhum Benjamin Sueb, pendiri sekaligus pemilik Bens Radio meminta Mamah Dedeh untuk ceramah on air di Bens Radio yang ditayangkan secara LIVE dan akhirnya menjadi penceramah tetap hingga sekarang, mengisi program Ngaji setiap Jumat pukul 11.00-13.00 WIB.

Awal Maret 2007, Mamah Dedeh mulai muncul di televisi lewat sebuah program talk show religius di Indosiar. Acara ini diberi nama Mamah dan Aa ditayangkan setiap Jumat-Sabtu pukul 05.00–06.00 WIB LIVE, dan rekaman untuk hari yang lainnya. dikarenakan Gaya ceramahnya unik banyak disukai pemirsa televisi sehingga Acara Mamah dan Aa ini juga diputar ulang di televisi Elshinta setiap hari pukul 18.00-19.00 WIB.

Sumber: Blog Mamah Dedeh http://mamahdedeh.blogspot.com/
Mohon maaf, sepertinya blog mamah dedeh sudah dihapus...

1 comment

NASYIIN FAQIH 22 November 2009 05.54

Bagus bwt bimbingan keluarga. Apalagi yg pd wakt mudanya g sempat ngaji. Sy sekeluarga juga selalu nonton mamah dan aa di
Indosiar

Posting Komentar