Selamat Menunaikan Ibada Puasa 1429 H


Bulan Ramadhan telah tiba

Tamu yang mulia telah datang

Lalu amalan apakah yang dapat kita perbuat untuk mengisi

Bulan yang penuh keberkahan dan pengampunan ini?


Bulan yang kita tunggu-tunggu telah tiba, bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh maghfiroh, bulan yang dimuliakan oleh Allah Swt yaitu bulan suci Ramadhan. Pada bulan Ramadhan ini Alllah Swt menyeru kepada orang-orang yang beriman untuk berpuasa sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Qur’an Surat Albaqoroh ayat 283 yang artinya “ Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu untuk berpuasa seperti orang-orang sebelum kamu agar kamu bertqwa. Jadi inti dari tujuan ibadah puasa adalah agar orang yang berpuasa itu bisa menjadi orang yang benar-benar bertaqwa kepada Allah, yaitu menjauhi perbuatan yang dilarang Allah Swt dan melaksanakan perintah-perintah-Nya. Ibadah puasa adalah jembatan menuju ketaqwaan kepada Allah Swt, dan orang yang berpuasa adalah orang yang terdekat dengan Tuhannya. Saat perut orang yang berpuasa kosong maka hatinya bersih, ketika hatinya bersih lalu akan menemukan kepuasan beribadah kepada Allah Swt, dan saat tenggorokannya merasakan haus, maka matanya menangis. Puasa yang dilakukan oleh orang yang bertaqwa adalah puasa yang selalu terjaga dari hal-hal yang membatalkan puasa maupun dari hal-hal yang membatalkan pahala puasa itu sendiri. Orang yang bertqwa ketika berpuasa maka akan menyerahkan segala sesuatunya kepada AllahSwt. Ibadah seperti yang kita ketahui ada 2 macam, yaitu:

  1. Ibadah Maghdoh
  2. Ibadah Ghiro Maghdoh

Ibadah maghdoh adalah ibadah yang langsung kepada Allah dalam pengertian ibadah maghdoh adalah segala sesuatu amal dan perbuatan yang langsung dnilai oleh Allah Swt seperti puasa yang saat ini tengah kita lakukan. Sedangkan ibadah ghiro maghdoh adalah ibadah yang tidak langsung kepada Allah seperti zakat, bersodakoh, dan sebagainya.

Karena ibadah puasa ini adalah ibadah maghdoh dimana hanya kita dan Allah saja yang tahu, maka Allah sendiri yang akan menilai puasa kita.

Semoga pada bulan ramadhan yang mulia ini amal ibadah kita senantiasa di ridoi aleh Allah Swt. Amiin.................

Akhirnya selamat menunaikan ibadah puasa 1429 H.

Wongbodo

Leave a respond

Posting Komentar