LOMBA MENULIS PUISI BERBAHASA DAERAH DAN INDONESIA

Bahasa dan sastra daerah merupakan salah satu unsur budaya intangible yang perlu mendapat perlindungan, karena berdasarkan hasil penelitian UNESCO bahasa-bahasa daerah di dunia terancam kepunahan.

Sebagai salah satu upaya perlindungan terhadap bahasa daerah sejalan dengan Perda No.5 tahun 2003 tentang pemeliharaan bahasa, sastra dan aksara daerah, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat c.q Subdin Kebudayaan melaksanakan kegiatan Lomba Menulis Puisi berbahasa daerah dan Indonesia dengan total hadiah berjumlah 36 juta rupiah. Tema lomba puisi kali ini mengenai ‘Cinta Tanah Air” dalam pengertian seluas-luasnya.

Peserta dalam lomba menulis puisi adalah pria dan wanita dari kalangan pelajar, mahasiswa atau masyarakat umum yang berusia antara 15 s.d 25 tahun. Setiap peserta boleh mengirimkan maksimal 3 (tiga) judul puisi untuk diikutsertakan dalam lomba tanpa dipungut biaya. Masing-masing judul puisi dicopy sebanyak 4 (empat) rangkap. Puisi yang akan diikutsertakan dalam lomba dikirim dalam amplop tertutup dilampiri fotocopy Kartu Tanda Penduduk atau Tanda Pengenal lainnya, pas foto ukuran 4 x 6 (2 buah) disertai perangko balasan sebesar Rp. 3000, dikirimkan ke alamat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat u.p Subdin Kebudayaan Jl. LL.RE.Martadinata No. 209 Bandung, paling lambat akhir Agustus. Pemenang akan diumumkan pada bulan September, untuk informasi lebih lanjut dapat menguhubungi Sdr. Tavivurohman (+6281121462669) dan Nunung Nurnaningsing, S.Sos (+6281573532988).

Lomba menulis puisi dimaksudkan untuk membuka ruang bagi generasi muda dalam mengembangkan kreativitasnya di bidang sastra. Diharapkan dapat turut serta menggairahkan aktivitas dikalangan komunitas kebahasaan/kesusastraan di daerah-daerah, memantapkan kedudukan dan fungsi bahasa dan sastra daerah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta mengbangkitkan kembali rasa nasionalisme di kalangan generasi muda melalui penulisan puisi.

Leave a respond

Posting Komentar